YOU MIGHT ALSO LIKE

MAKALAH HARDWARE


BAB 1  PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Perangkat computer harus bisa difungsikan secara komperehensif (kompak dan bersama-sama) dalam melaksanakan tugasnya yaitu dalam mengolah data atau informasi. Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data agar menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan system computer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software, dan brainware. Ketiga elemen system computer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan yang saling mendukung untuk bekerja sama. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikannya dan mengendalikannya. Maka itu, kita sebagai brainware yang sehari-menggunakan seperangkat PC (Personal Computer),harus mengetahui manfaat dan kegunaan dari perangkat-perangkat ini. Melalui makalah ini kamiakan membahas tentang salah satu dari tiga perangkat tersebut, yaitu perangkat keras. Baik itu kegunaan maupun manfaatnya.

1.2. Rumusan Masalah

Masalah yang dibahas dalam penulisan makalah ini adalah :
1.       Apakah Pengertian Hardware?
2.       Apa itu Input device ? serta berikan contoh-contohnya!
3.       Apa itu Process device ? serta berikan contoh-contohnya!
4.       Apa itu Output device ? serta berikan contoh-contohnya!
5.       Apa itu Storage device ? serta berikan contoh-contohnya!

1.3. Tujuan         

Adapan Tujuan penyusunan makalah ini agar dapat memudahkan kita dalam mempelajari dan mengenal berbagai perangkat keras pada komputers erta kita dapat mengetahui dan membedakan yang mana termasuk perangkat keras  input,process,output maupun penyimpanan. Semoga dengan makalah ini kita dapat mencapai tujuan tersebut.

 


BAB II  ISI DAN PEMBAHASAN

2.1.   Pengertian Hardware

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Hardware sendiri berfungsi dengan baik dikarenakan adanya software sebagai sistem yang menjalankanya.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
  1. input divice (unit masukan)
  2. Process device (unit Pemrosesan)
  3. Output device (unit keluaran)
  4. Storage device ( unit penyimpanan)

2.2.   Pengertian Input Device (Unit Masukan)

Adalah perangkat keras yang digunakan untuk meneruskan informasi dan perintah-perintah kita pada komputer.
 Input Device  akan memasukkan data dan program dalam komputer, kemudian menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal komputer, dan mengirimkan data yang sudah berbentuk bit  ke dalam media penyimpanan data, maka itu unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Berikut beberapa contoh perangkat keras input yang sering kita gunakan :
a)      Keybord
 Adalah sebuah perangkat input yang berisi tombol tekan dimana pengguna dapat memasukkan data dan intruksi ke dalam komputer. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868. Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY. Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Fungsi Keyboard adalah : Mengetik dan memasukkan data,  Membantu membuat tulisan, bentuk gambar dan menghapus kata, Menggerakkan pointer ( kursor) pada layar monitor.
Jenis-Jenis Keyboard : Qwerty, Dvorak dan Klockenberg
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu : typewriter key, numeric key ,function key ,special function key.
b)     Mouse
Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart . Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Fungsi Mouse;  Menggerakkan/menempatkan pointer,  Memberikan perintah-perintah pada komputer, Mempermudah dalam memberikan persetujuan dan Mempermudah dalam memilih pilihan (option).
c)      Joystick
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Pengguna game akan amat membutuhkan perangkat ini, karena akan memudahkan mereka melakukan manuver-manuver yang sulit dilakukan oleh penggunaan keyboard dan mouse.
d)     Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
e)      Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin hasil scanner dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Terdapat juga scanner untuk mendeteksi LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
f)       Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak- kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g)      Microphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating.
h)     Kamera Digital
Perangkat yang satu ini sangat dikenal oleh masyarakat umum, kamera juga termasuk media input berupa gambar diam. Dengan media input ini kita dapat mengambil dan mengolah foto.
i)        Light pen
adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

2.3.   Process Device (Unit Pemroses)

Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.
Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic uinit dan control unit.
1.       Primary storage adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut  dengan main memory.
2.       Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam computer
3.       control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan
Komponen Perangkat Keras komputer yang termasuk ke dalam process Device diantaranya :
1.       Processor
Komponen yang satu ini adalah komponen yang paling penting dari sekian banyak komponen yang dimiliki oleh komputer. Hal tersebut dikarenakan processor ini berfungsi sebagai unit sistem untuk memproses data.Dengan kata lain, processor ini adalah otak dari komputer atau biasa disebut CPU (Central Processing Unit)yang bertugas sebagai pusat pemrosesan data. Kinerja komputer sangat bergantung dari piranti ini. Semakin cepat kerja processor yang digunakan dan diimbangi dengan memori RAM dan VGA yang besar, maka kinerja komputer semakin baik. Processor memiliki satuan kecepatan yaitu Hz (Heartz). Perbedaan kecepatan ini dikarenakan perbedaan lebar data (jalan) yang dimiliki oleh processor.
Saat ini, perusahaan yang memproduksi processor komputer adalah Intel dan AMD. Berikut ini akan saya jelaskan jenis, Perbedaan, kekurangan dan kelebihan dari masing-masing Merk tersebut.
·         Processor Intel
Intel 286, 386, 486
Pentium MMX
Pentium II,III,IV, Celeron
Pentium IV LGA, Dual Core, Core 2 Duo
Pentium Core 2 Quad / Quad Core, Core i3, Core i5, Core i7, Core i9
Xeon, Dual-Core Xeon
Pentium M, Centrino, Centrino Duo, Atom, Atom Dual Core
·         Processor AMD
AMD K5,K6,K6-2,K7
Duron, Athlon
Sempron, Opteron, Athlon 64
Athlon 64 X2 / FX, Turion, Phenom, Phenom II
Perbedaannya:
Pentium adalah generasi processor intel yang paling populer. Pentium menawarkan kelebihan chace (memori internal) yang besar sehingga transfer data yang cepat dan tahan terhadap panas. Selain pentium, intel juga mengeluarkan jenis Celeron dan Atom, yaitu versi ekonomis dari Pentium. Harga yang ditawarkan lebih rendah dari Pentium sekelasnya. Celeron dan Atom juga memiliki chace yang lebih rendah dari Pentium sekelasnya.AMD merupakan pesaring produk intel yang ditawarkan dengan harga lebih murah dari intel sekelasnya dengan kecepatan dan ketangguhan yang tidak kalah dengan produk intel sekelasnya. Kelemahan dari produk AMD ini adalah pada beberapa jenis processor yang kurang tahan panas seperti AMD K5,K6,K6-2, K7 dan Athlon. Sehingga mereka perlu sistem pendingin komputer seperti kipas dan headsink yang lebih baik.
Kelebihan dan Kekurangan Processor Intel dan AMD:
Ø  Konsumsi Daya
AMD   : Kurang efisien dari Intel
Intel : Lebih baik dari AMD
Ø  Harga
AMD   : Murah
Intel : Tinggi
Ø  Faktor Pendingin
AMD   : Lebih cepat Panas
Intel : Tidak cepat panas
Ø  Kecepatan Kerja
AMD   : Tidak lebih cepat dibanding dengan Intel
Intel : Lebih cepat dibanding AMD
Ø  Untuk Permainan dan MUltimedia
AMD   : Permainan Game dan Output multimedia yang lebih baik karena lebih cepat clocking
Intel : Tidak bagus untuk permainan Game
Ø  Kinerja dan Harga
AMD   : Tinggi dan Rendah
Intel : Tinggi dan Tinggi

2.      Memory
Memory adalah alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi. Semakin besar kapasitas memory yang digunakan, semakin banyak data maupun perintah yang dapat disimpan, berikut ini beberapa tipe memory berdasarkan urutan dari yang tercepat aksesnya hingga yang paling lambat.
1. Register : Register memori merupakan jenis memori yang memiliki kecepatan akses yang paling cepat. Memori ini terdapat pada CPU/Processor. Contohnya: Register Data, Register Alamat, Stack Pointer Register, Memory Address Register, I/O Address Register, Instruction Register, dan lain-lain.
2. Cache memory : memori yang berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal daripada memori utama. Cache Memory ini ada di antara memori utama dan register proses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama sehingga kinerjanya dapat ditingkatkan
3. Disk cache : bagian dari memori utama atau memori pada boarddisk controller yang menjembatani disk dan CPU. Ketika disk dibaca, sebuah blok lebih besar data akan disalin ke dalam cache daripada yang segera diperlukan. Jika setelah membaca menemukan data yang telah tersimpan dalam cache, tidak perlu mengambilnya dari disk, yang lebih lambat untuk mengakses.
4. Magnetic disk  : piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik dimana permukaan dari bahan tersebut mempunyai sifat magnetic sehingga nanti bisa menghasilkan semacam medan magnet yang sangat diperlukan untuk proses baca tulis dari memory tersebut karena saat proses baca/ tulis menggunakan kepala baca yang disebut dengan head.
5. Optikal disk : tidak menggunakan bahan yang bersifat magneti sama sekali. Optical disk menggunakan bahan spesial yang dapat diubah oleh sinar laser menjadi memiliki spot-spot yang relatif gelap atau terang. contohnya dar optical disk ini adalah CD-RW dan DVD-RW.
Selain berdasarkan kecepatan aksesnya, urutan tipe memory tersebut disusun berdasarkan harga, kapasitas, dan frekuensi pengakseskan.
·         Tipe register harga paling mahal dan tipe optical disk harganya paling murah.
·         Tipe register kapasitasnya paling besar dan tipe optical disk kapasitasnya paling kecil.
·         Tipe register frekuensi pengaksesannya paling tinggi dan tipe optical disk frekuensi pengaksesannya paling rendah. Kapasitas memory dinyatakan dalam satuan byte atau bit.

1 byte = 1 huruf
1 Kilo Byte (KB) = 1 x 1024 byte
1 Mega Byte = 1024 KB
Terdapat dua jenis memory, yaitu sebagai berikut.
Ø  Read Only Memory (ROM)
ROM adalah suatu tempat penyimpanan intruksi yang dirancang oleh pembuat komputer. Data dan intruksi dalam ROM hanya dapat dibaca dan tidak dapat diubah. Isi Tidak hilang ketiks listrik dimatikan ( NonVolatile Memory)
Ø  Random Access Memory (RAM)
RAM adalah tempat penyimpanan data atau program untuk sementara selama dibutuhkan. Data dalam RAM akan hilang dengan sendirinya apabila arus listrik dimatikan. (Volatile Memory)
3.      Kartu Grafis
Kartu Grafis atau Kartu Video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan dilayar. Berdasarkan slot/tempat pemasangannya di Motherboard, VGA dibedakan menjadi beberapa jenis : ISA, PCI, AGP, dan PCI Express. Namun saat ini, hanya ada dua tipe yaitu AGP dan PCI Express. Secara fisik tipe-tipe VGA mempengaruhi panjang slot pada motherboard dan bentuk kaki VGA.
Beberapa motherboard saat ini telah terintegrasi VGA (onboard). Komputer yang digunakan untuk keperluan grafis seperti desain grafis dan multimedia, pembuatan animasi, pengolahan data video dan permainan games (3D) memerlukan VGA yang kuat dan disarankan tidak menggunakan VGA onboard. Hal ini dikarenakan untuk pengolahan grafis secara khusus akan membuat VGA cepat panas dan memerlukan pendingin yang ekstra.
Kualitas VGA diukur dari:
Jenis Chipset : NVDIA GeForce, ATI Radeon, dan Intel Extreme/ Intel Express.
Berdasarkan Memori :
Berdasarkan memori VGA berpengaruh pada kecepatan akses grafis. Semakin besar memori VGA akan mempercepat pemrosesan grafis. contoh besarnya memori VGA : 64MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB.
Sistem Pendingin yang baik
Semakin banyak dan kompleks data grafis yang diolah VGA dapat menyebabkan chipset VGA cepat panas, oleh karena itu diperlukan sistem pendingin (kipas(fan) dan alumunium pendingin (headsink)) yang baik. Sistem pendingin yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan (overheat) sehingga VGA cepat rusak.
4.      Power Supply
Adalah kotak tegangan  listrik yang menempel pada bagian belakang setiap casing dan memiliki beberapa kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware dalamcasing.
Fungsi:
  1. Mengubah tegangan AC menjadi DC dan menyuplai tegangan tersebut ke komponenhardware yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard
  2. Menyuplai tegangan langsung ke komponen yang memerlukan tegangan arus DC,misal hardisk, CD ROM atau kipas.

2.4.   Pengertian Output device (Unit Keluaran)

Output device merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Hasil pemrosesan tersebut dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf,angka,simbol khusus), image (dalam betuk grafis atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Jenis-jenis output device :
A.      Hard copy device
Alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras, misalnya kertas atau film. Hard copy device bersifat permanen dan lebih portabel(dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa kemana-mana). Contoh :printer, plotter, dan alat mikrofilm.
B.       Soft copy device
Alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Contoh : video display (monitor), flat panel, dan speaker.
C.      Drive speaker atau driver
Alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media, misalnya magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, yaitu sebagai alat output dan juga sebagai alat input. Drive device yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.
Berikut ini contoh beberapa output device yang sering digunakan pada seperangkat computer:
1.       Monitor
Dapat disebut juga dengan computer display, visual display unit, atau monitor saja. Monitor adalah salah satu jenis soft copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data atau pun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat). Monitor berfungsi untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan ke dalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.
Jenis-jenis monitor :
Ø  Cathode Ray Tube (CRT)
Monitor CRT (Cathode Ray Tube) merupakan monitor konvensional dengan tabung sebagai media penyebaran electron yang berfungsi untuk menghasilkan warna atau gambar. Teknologi Tabung Brown (CRT Display) ditemukan pada tahun 1897, akan tetapi teknologi ini baru diadopsi sebagai penerima siaran televisi pada tahun 1926. Sejarah penemuan teknologi CRT sudah lebih dari 100 tahun dan memiliki kualitas gambar yang sangat bagus. Akan tetapi teknologi ini mempunyai satu kelemahan yaitu semakin besar display yang akan dibuat maka semakin besar pula tabung yang digunakan. Pada monitor CRT, layar penampil yang digunakan berupa tabung sinar katoda. Monitor CRT cenderung lebih murah dibandingkan jenis monitor lain, CRT juga memiliki sudut pandang (viewing angle) yang baik. Namun, monitor dengan tabung CRT ini memiliki banyak pengaruh buruk bagi kesehatan penggunanya. Sejumlah riset mengindikasikan bahwa ekspos berlebihan monitor pada mata dapat menyebabkan penurunan kualitas penglihatan. Hal ini disebabkan oleh radiasi sinar elektron pada tabung gambar monitor atau televisi tabung.
Ø  Liquid Crystal Display (LCD)
Monitor LCD adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer. Kini LCD mendominasi jenis tampilan untuk komputer meja maupun notebook karena membutuhkan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas, dan memiliki resolusi tinggi. LCD memiliki karakter bright yang nyaman dimata serta bebas distorsi, tidak bergantung pada refreshrate, user frendly, hemat listrik, ukuran yang ringkas, ringan serta tampilan yang lebih menarik. Namun, LCD juga memiliki kekurangan seperti viewing angle terbatas, tampilan gambar baik hanya di resolusi native-nya, response time dan ghosting, warna kurang akurat, harga lebih mahal
2. Printer
Adalah alat yang menampilkan data dari komputer dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas. Printer terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat pengambil kertas dari tray, tray adalah tempat menaruh kertas di printer. Tinta / toner adalah bahan pencetaknya. Perbedaan toner dengan tinta adalah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan sebelum mencetak, sedangkan tinta / inkjet tidak butuh pemanasan. Sedangkan cartridge adalah alat pencetaknya.
Jenis-jenis printer
·         Dot Matrix Printer
Dot matrix adalah sistem pembentukkan karakter dari sejumlah titk-titik. Printer dot matrix mempunyai elemen yang terdiri dari jarum-jarum yang menekan pita sehingga dapat mencetak pada kertas. Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer jenis ini juga merupakan karakter printer. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi untuk Epson LX-80, adalah 80 karakter per sekon. Pada saat head printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf. Setiap character yang terbentuk akan menimbulkan suatu pola unique yang terdiri dari pelbagai titik didalam dimensi sebuah matrix. Jenis printer dot matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan ada pula yang non-color. Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.
·         Thermal Printer
Thermal printer sangat berbeda dan berbeda dari printer inkjet normal atau bahkan printer laser. Sama seperti namanya, thermal printer menggunakan panas untuk mencetak di atas kertas, bukan cartridge tinta yang biasa digunakan oleh printer jenis lainnya. Dengan teknologi ini, membuat thermal printer tidak bising (malahan beberapa jenis tidak mengeluarkan suara). Printer ini juga dapat mencetak sangat cepat karena tidak menggunakan pin-pin seperti pada dot matrix printer. Printer ini memiliki harga yang lebih tinggi diatas dot matrix, namun justru dengan kelebihan yang dimiliknya tadi menyebabkan thermal printer banyak dipakai. Beberapa kegunaan thermal printer adalah cetak struk pada SPBU, mesin antrian, mesin ATM, kios informasi, sistem point of sales seperti di kasir.
·         Ink Jet Printer
Ink jet printer adalah alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak. Ink jet printer yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik. Resolusi printer inkjet saat ini dapat mencapai 5760×1440 dpi. Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. Teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. Panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.
·         Laser Jet Printer
Laser jet printer merupakan jenis printer yang paling bagus kualitasnya di banding dua jenis printer sebelumnya. Alat mencetaknya tidak menggunakan tinta melainkan menggunakan bubuk toner dan pencetakan menggunakan infra merah.Printer ini juga menawarkan kecepatan pencetakan yang tinggi. Bahkan mesin yang tergolong kelas rendah dari golongan laser inipun masih memiliki kecepatan yang tinggi dibandingkan dengan printer ink jet atau dot matrix. Minimal dua kali lebih cepat dari printer ink jet. Kerja printer laser mirip dengan mesin fotocopy, yaitu menggunakan photographic drum. Kualitas cetakan yang dihasilkan selain cepat juga cukup tajam. Printer laser sangat tepat digunakan bagi mereka yang frekuensi mencetaknya sangat tinggi. Biasanya adalah perkantoran perkantoran. Namun, tidak menutup juga home user menggunakan printer laser. Hanya saja untuk printer laser berwarna yang kualitasnya sama dengan ink jet, harganya dapat dua kali lebih mahal dari printer ink jet itu sendiri.
3. Speaker
Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya.
4. Plotter
Adalah salah satu jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer berupa gambar / grafik. Dengan menghubungkan plotter ke komputer, berbagai bentuk gambar akan dicetak dengan ukuran ekstra dan dengan kualitas tinggi.

2.5.   Storage Device

Media Storage adalah materi fisik tempat komputer menyimpan data, instruksi, dan informasi. Kapasitas adalah jumlah byte yang dapat disimpan oleh sebuah storage. Storage Device adalah hardware komputer yang merekam atau mengambil data dari atau ke media storage.
 Storage Device (Media Penyimpanan) terbagi menjadi 2, antara lain :
  1. Primary Storage Device (Media Penyimpanan Utama)
Primary Storage Device (Media Penyimpanan Utama) dari sebuah sistem komputer adalah Memori atau RAM. Memori atau RAM dapat menyimpan data yang akan diartikan dan dieksekusi dengan Processor. Data yang disimpan dalam memori akan hilang begitu sistem komputer diputuskan dari aliran listrik. Oleh karena itu dibutuhkan Media Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage Device) yang bersifat permanen.
  1. Secondary Storage Device (Media Penyimpanan Sekunder)
 Secondary Storage Device (Media Penyimpanan Sekunder) merupakan media yang digunakan untuk menyimpan data di luar memori utama komputer. Dengan terdapat nya media penyimpanan sekunder proses pengaturan, penyusunan, dan analisis data yang bisa dikembangkan menjadi sangat banyak jumlahnya dibandingkan jika media penyimpanan yang tersedia hanya media penyimpanan utama. Hal ini disebabkan karena berbagai macam data maupun program yang berukuran besar hanya bisa ditampung dan dikelola secara efisien dan fleksibel untuk media penyimpanan sekunder. Dengan kata lain, jika sesuatu yang berhubungan dengan "bisnis" pasti memanfaatkan media penyimpanan sekunder dengan maksimal.
 Perkembangan Secondary Storage saat ini lebih pesat dibandingkan dengan Primary Storage, Media Penyimpanan Sekunder ini secara teknis memiliki 2 (dua) jenis, yaitu :
  1. Serial/Sequential Access Storage Device (SASD) adalah sebuah perangkat simpan yang bekerja membaca data secara urut dari awal sampai akhir tanpa ada kemungkinan melewati bagian tertentu. Contoh : Magnetic tape, punched card dan paper tape.
  1. Direct Access Storage Device (DASD) adalah sebuah perangkat simpan yang dapat bekerja, membaca atau menulis secara langsung ditempat yang dikehendaki. Contoh : Magnetic disk dan optical disk.
Jenis - jenis Perangkat Media Penyimpanan dalam perkembangannya :
Ø  Magnetic  Tape
Adalah alat penyimpanan data untuk berkas besar, yang diakses dan diproses secara sequential. Magnetic tape dibuat dari bahan plastik tipis yang dilapisi oleh besi magnet oksida pada satu sisinya. Magnetic tape adalah model pertama dari secondary storage. Tape ini digunakan untuk merekam audio, video dan menyimpan informasi berupa sinyal computer. Untuk harga, media ini relatif murah. Contoh: kaset tape dan kaset video.
Ø   Magnetic Disk
Adalah alat penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer. Magnetic disk terdiri dari logam yang kaku atau plastik yang fleksibel. Pada saat disk digunakan motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi.
Contoh :                                                                                               
 - Floppy disk
Floppy Disk Drive yaitu suatu perangkat yang ada di dalam komputer sebagai asesoris dan pelengkap yang dapat menyimpan data di dalam disket dengan kapasitas rendah. Selain dapat menyimpan data didalam disket floppy disk juga dapat untuk booting computer, di dalam computer terdapat maximal dua floppy disk yaitu flopy “A” dan flopy “B” tetapi biasanya yang terpasang hanya flopy “A “ saja karena kegunaannya sangatlah terbatas.
 - Hard disk
Hard disk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya. Hard disk menggunakan piringan datar yang disebut dengan platter, yang pada kedua sisinya dilapisi dengan suatu material yang dirancang agar bisa menyimpan informasi secara magnetis. Platter-platter tersebut disusun dengan melubangi tengahnya dan disusun pada suatu spindle. Platter berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi yang dikendalikan oleh spindle motor yang terhubung pada spindle. Alat elektromagnetik baca tulis khusus yang bernama head terpasang pada slider dan digunakan untuk menyimpan informasi ke dalam piringan atau membacanya. Slider terpasang di atas arm, yang kesemuanya terhubung secara mekanis pada suatu kumpulan tunggal dan tersambung pada permukaan piringan melalui suatu alat yang disebut dengan actuator. Selain itu ada juga logic board mengatur aktifitas komponen-komponen lain dan berkomunikasi dengan PC.
Setiap permukaan pada satu platter bisa menampung sekitar sepuluh milyar bit data yang diorganisasikan pada suatu “potongan” yang lebih besar dengan alasan kemudahan, dan memungkinkan pengaksesan informasi dengan lebih mudah dan cepat. Setiap platter memiliki dua head, satu di atas dan satu lagi di bawah, sehingga hard disk dengan dua platter memiliki empat permukaan dan empat head. Setiap platter menyimpan informasi dalam lingkaran-lingkaran yang disebut dengan track. Kemudian tiap track “dipotong-potong” lagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan sector, yang mana masing-masing sector menampung informasi sebesar 512 bytes.
Seluruh hard disk harus dibuat dengan tingkat presisi yang sangat tinggi karena komponen-komponennya berukuran sangat kecil. Bagian terpenting dari hard disk harus ditempatkan pada suatu tempat yang tidak bisa dimasuki udara untuk memastikan tidak ada benda asing yang masuk dan menempel pada permukaan platter yang bisa menyebabkan kerusakan head.
 -Zip Disk,
media portable yang dapat menyimpan data sebanyak 100 MB sampai dengan 750 MB. Zip disk biasanya digunakan untuk memback up data karena kapasitasnya yang besar. Untuk membaca data format zip disk dibutuhkan alat yang disebut zip drive. Zip drive eksternal dihubungkan ke sistem unit dengan  menggunakan port USB atau fire wire.
Ø   Optical Disk                                                                                                       
Adalah media penyimpanan yang berbentuk piringan datar dan bulat terbuat dari bahan logam, plastik dan lacquer yang dapat menyimpan atau menulis data dengan menggunakan laser. Optical disk tidak menggunakan bahan yang bersifat magnetik sama sekali. Optical disk menggunakan bahan special yang dapat diubah oleh sinar laser menjadi memiliki spot-spot yang relative gelap atau terang.
Optical disk menjadi suatu alternatif pembiayaan yang efektif untuk semua jenis data. Untuk menyimpan data dengan kapasitas besar penyimpanan dengan menggunakan media ini jauh lebih ekonomis jika dibandingkan dengan media magnetic disk, selain pertimbangan biaya, kecepatan akses, kapasitas penyimpanan dan kenyamanan menjadi keunggulan optical disk. Atas keunggulan tersebut banyak tercipta pengembangan jenis media optik yang lebih canggih.
Contoh :
·         CD-R (compact disk-recordable),
merupakan jenis cakram padat yang dapat diisi dengan data. Salah satu jenis penyimpanan eksternal pada komputer. CD-R hanya dapat digunakan sekali saja dan tidak dapat diubah atau dihapus.
·         CD-RW (compact disk-re write)
adalah jenis cakram optik yang dapat menyimpan data. Kapasitas penyimpanan mencapai 700MB dan CD-RW adalah disk multisession yang dapat dihapus, sehingga pengguna dapat menulis dan menulis ulang data dan informasi beberapa kali.
·         USB Flash Drive
          Perangkat yang biasa kita sebut Flash disk ini adalah alat penyimpan data memory flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung yang terintegritas. Flash drive ini berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Alat ini lebih kecil, cepat dengan kapasitas yang besar

 








BAB III PENUTUP

3.1.      Kesimpulan


Ø  Hardware adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Tanpa Hardaware adanya computer tidak akan berfungsi  dan computer tanpa hardware selayaknya makan nasi tanpa garam.
Ø Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1.       input divice (unit masukan)
2.       Process device (unit Pemrosesan)
3.       Output device (unit keluaran)
4.       Storage device ( unit penyimpanan)
Ø  Input Device Adalah perangkat keras yang digunakan untuk meneruskan informasi dan perintah-perintah kita pada komputer. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch pane, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Ø  Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.
Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic uinit dan control unit. Primary storage ,Arithmatic logic unit ,control unit
Ø  Output device merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.
         Jenis-jenis output device :
a.       Hard copy device Contoh :printer, plotter, dan alat mikrofilm.
b.      Soft copy device Contoh : video display (monitor), flat panel, dan speaker.
c.           Drive speaker atau driver Alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media, misalnya magnetic disk atau magnetic tape. drive.
Ø  Storage Device adalah hardware komputer yang merekam atau mengambil data dari atau ke media storage.
Storage Device (Media Penyimpanan) terbagi menjadi 2, antara lain :
·         Primary Storage Device (Media Penyimpanan Utama) : Memori atau RAM
·         Secondary Storage Device (Media Penyimpanan Sekunder) :
§  Serial/Sequential Access Storage Device (SASD) : magnetic Tape
§  Direct Access Storage Device (DASD) : magnetic disk dan optical disk








Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: MAKALAH HARDWARE; Ditulis oleh wilanda rinaldi; Rating Blog: 5 dari 5

1 comment: